Misteri Fenomena Perubahan Arah Kutub Tahun 2015.


Di beberapa media sosial dan blogger kini sibuk membicarakan fenomena aneh dan menyeramkan yang terjadi di seluruh dunia dan diduga sebagai tanda awal dari kiamat. Negara beriklim tropis dan panas mulai menerima dampak akibat perubahan cuaca mendadak pada tahun ini dan sebagian daerah seperti Mesir dan Vietnam turut tertutup salju tebal.
Perubahan magnet pada kerak bumi menyebabkan kutub utara bergerak dengan lebih cepat ke arah Siberia untuk berada pada posisi 40 derajat. Beberapa penelitian menemukan gerakan itu terjadi semakin cepat yaitu pada jarak 42 km sebulan dan diperkirakan beranjak sebanyak 2 km dalam sehari pada 2013.

Ia melintasi garis Khatulistiwa untuk berada pada posisi 40 derajat di selatan.

Jika kondisi itu terus terjadi, seluruh permukaan bumi mungkin akan berubah seperti ditampilkan dalam film fiksi ilmiah berjudul '2012 '.

Yang paling mengejutkan dari fenomena ini jika benar-benar terjadi adalah daerah Amerika Selatan terutama Brazil diduga akan menjadi Kutub Utara sedangkan India menjadi Kutub Selatan. Bagaimana dengan nasib Indonesia, Malaysia, Singapura, dan negara lainnya di Asia Tenggara? Kemungkina akan membeku dan berdiri sejajar dengan India, sekaligus menempatkan garis Khatulistiwa berada di Antartika. Bayangkan, apa yang akan terjadi setelah itu?.
Kota pesisir pantai bakal tenggelam dan Australia Barat terpercaya turut mengalami nasib sama serta setengah negara mengalami waktu siang atau malam lebih panjang.

Fenomena medan kutub bumi pembalik dikhawatirkan mengakibatkan bencana alam lebih dahsyat seperti badai, gempa bumi dan letusan gunung berapi. Selain itu, ia juga akan berdampak besar pada ekosistem dan migrasi hewan yang selama ini tergantung pada perubahan musim dan iklim di suatu daerah.

Medan magnet bumi juga akan menjadi lemah dan rentan terhadap fenomena badai matahari serta sinar kosmik yaitu partikel berenergi tinggi dan gelombang elektromagnetik dari luar angkasa. Medan magnet bumi juga akan menjadi lemah dan rentan terhadap fenomena badai matahari serta sinar kosmik yaitu partikel berenergi tinggi dan gelombang elektromagnetik dari luar angkasa.

Pergerakan kutub memang sedang terjadi dan dapat dilihat melalui kejadian bencana alam yang diduga berasal dari pemanasan global dan perubahan iklim secara dramatis sejak akhir-akhir ini.
Berbagai teori diungkapkan menyebabkan ilmuwan memperkirakan medan magnet akan pembalik dalam waktu dua tahun lagi berdasarkan pergerakan kutub yang semakin laju.

Apakah kondisi itu akan terjadi atau itu hanya sebuah lagi spekulasi seperti ramalan kiamat 2012 yang digembar-gemborkan pada tahun lalu?

Kondisi cuaca tidak menentu dan bencana alam semakin sering terjadi akhir-akhir ini diyakini memiliki kaitan dengan perubahan kemiringan sumbu bumi.

Selain itu, pemanasan global juga dikatakan turut mengubah lokasi geografis kutub bumi menurut penelitian Geophysical Research Letters.

Laporan peneliti Universitas Texas, Austin mengungkapkan, pencairan gunung es semakin meningkat di Greenland menyebabkan posisi Kutub Utara berubah beberapa sentimeter pada setiap tahun sejak 2005.

Dimaklumi, mulai 1982 hingga 2005, kutub tersebut berubah secara perlahan dari tenggara ke bagian utara Labrador, Kanada pada jarak sekitar 2 milliarcsecond atau 6 sentimeter per tahun.

Sejak 2005, kutub mulai berubah haluan dan bergerak ke arah timur Greenland pada jarak lebih 7 miliarsecond setahun. Kelompok ilmuwan telah lama mengetahui bahwa lokasi kutub bumi tidak tetap dan juga menjadi penyebab musim menjadi tidak menentu seperti yang terjadi pada saat ini.

Selain itu, pencairan es juga menjadi penyebab utama tingkat air meningkat ke lebih 90 persen akibat dari pergeseran kutub pada 2005.

Pada 2011, medan magnet bumi dilaporkan beranjak pada jarak 64 kilometer per tahun, dan ilmuwan digambarkan sebagai fenomena normal yang terjadi sekali pada setiap 100.000 tahun.

Kondisi itu menyebabkan arah kompas berubah dan mungkin tidak lagi ke arah Kutub Utara mengikuti kutub kini telah beranjak dari utara Kanada mendekati ke Rusia.

Menurut Conall Maret Niocaill, seorang ilmuwan di Universitas Oxford, medan magnet bumi melemah dan ia telah beranjak lebih 1.500 km sejak berabad lalu.

"Kekuatan medan magnet Kutub Utara menurun 10 persen sejak 150 tahun lalu.

"Setiap 250.000 tahun sekali, medan magnet ini akan berubah arah ke selatan dan fenomena tersebut terpercaya kali terakhir terjadi sekitar 800.000 tahun lalu yaitu sebelum keberadaan manusia," katanya lagi.

Sampai sekarang, ilmuwan gagal menemukan jawaban bagaimana fenomena inversi medan magnet itu terjadi.

Waktu lebih singkat

Ahli geofisika NASA, Richard Gross mengungkapkan, tingkat rotasi bumi menjadi lebih cepat sekitar 1,8 mikrodetik akibat gempa berkekuatan 9,0 skala Richter yang melanda Jepang pada 2011.

"Gempa kelima terkuat di dunia sejak 1900 itu juga menyebabkan waktu sehari yang seharusnya setara 24 jam menjadi lebih singkat tanpa disadari masyarakat," katanya.

Dimaklumi, getaran dahsyat tersebut mengakibatkan kepulauan Honshu beranjak sampai 2,4 meter dengan pembentukan rekahan di bawah dasar laut sepanjang ratusan kilometer selain sumbu bumi berubah pada jarak hampir 10 cm.

Ahli Geofisika Pusat Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), Kenneth Hudnut menginformasikan, peta dari Lembaga Informasi Geospatial (GSI) menunjukkan ada pola transisi melibatkan area yang besar setelah gempa terjadi.

Arah Perputaran Aliran Sungai Amazon
Orang-orang mengatakan : Aliran suatu sungai selalu mengarah ke timur. Sebenarnya sejumlah sungai besar di dunia, pada kenyataannya memang mengalir ke arah timur.

Termasuk  sungai terbesar di dunia, Sungai Amazon, di Amerika Selatan. Berdasarkan laporan BBC pada tanggal 24 Oktober 2006, dulunya aliran sungai Amazon ini pernah mengarah kearah barat, bukannya mengarah ke timur seperti sekarang ini.

Para peneliti dari University of North Carolina (UNC) berhasil menyimpulkan suatu temuan dari hasil penelitian terhadap lapisan batu di Sungai Amazon. Mereka masih belum dapat memastikan waktu yang tepat kapan berubahnya arah aliran sungai ini, perkiraan mereka adalah sekitar 65 juta tahun silam, atau mungkin juga lebih lama lagi. Sebelum itu, arah aliran Sungai Amazon mengarah ke barat.

Jika terus seperti ini, maka kita sebagai umat manusia akan menghadapi masa depan yang suram.

2 comments

yg ngomong ini hoax....buktikan..!!!
Jangan cuma bisa ngejeplak tuh mulut monyong Loe...

Reply

Post a Comment