Seperti Narkoba, POKEMON GO Dapat Menjadi Candu Pemainnya


Sebuah Game Online yang aslinya belum di rilis di Indonesia, Pokemon Go tengah digandrungi sejumlah orang di Indonesia. Dikalangan pecinta Game, Game Online ini sedang hangat diperbicangkan. 

Game online keluaran Niantic Inc ini dapat dimainkan di Smartphone anda. Berbagai situs pun sudah membuat Tutorial cara mendownload Game Pokemon Go ini. 

Sebuah game online memang terkadang membuat ketagihan para pemainnya.  Dalam game online, yang paling membuat para pemain ketagihan adalah adanya petualangan, transaksi, jual-beli item atau adanya tim yang dapat bekerja sama dengan mereka.

Permainan Pokémon GO sengaja dibuat lebih beda dari game online lainnya. Permainan ini dibuat lebih, yaitu dapat menggabungkan real visual lingkugan di sekeliling Anda dengan game ini.

Dengan paduan antara game dan kamera ponsel, pengguna seakan melihat musuh di depannya. Selain itu Pokémon GO menggunakan Google Map sebagai lokasi atau peta sekelilingnya. Para pemain pun diharuskan mengaktifkan GPS di Smartphonenya untuk memainkan permainan ini.  Dengan menggunakan kamera smartphone dan GPS, seolah pemain mengejar dan menangkap karakter Pokémon dalam kehidupan nyata.

Dari misi-misi dalam permainan ini, Pokémon GO juga menggunakan foto-foto dalam Google Street sebagai misi khusus. Misalnya ada benda atau objek atau foto atau gambar dalam Pokémon GO yang harus dicari ketika Anda berada di wilayah tersebut.

Hal inilah yang membuat pengguna ketagihan bagaikan narkotika, dikontrol, disuruh, penurut dan mengabaikan apa yang ada disekeliling Anda.

Bahkan, Anda tak akan dapat dengan mudah melepaskan kebiasaan ini, walaupun di negara yang tak memiliki Pokémon GO.

Dikutip dari sebuah halaman  asiancorrespondent.com, di Singapura, sebelum game ini masuk, seorang ekspatriat asal Australia yang bekerja di sebuah perusahaan properti Singapura ternama dengan jabatan Vice President, Sonny Truyen, dipecat gara-gara ia tak dapat mengakses game ini. Ia menulis dalam status di akun Facebook miliknya:

“You can’t f**king catch Pokémon in this piece of f**king sh*t country.”

Bagaimana jika pemain Pokémon GO bermain ditengah jalan? Atau tiba-tiba ke tengah jalan untuk berburu, atau mereka bermain ketika sedang mengendarai kendaraaan? tentu saja sangat berbahaya bukan?.

Dari beberapa hal di atas saja sudah bisa dilihat bahwa Game ini setidaknya dapat membuat orang kecanduan layaknya Narkoba.  Dalam beberapa hari setelah peluncurannya, Game ini saja sudah membuat heboh beberapa media dan sosial media karena ulah para pemain POKEMON GO. Persis seperti pengguna narkoba yang sudah additiveatau ketagihan dan sangat memerlukannya.

Post a Comment