Morgellons, Penyakit Gatal Yang Bisa Membuat Gila Penderitanya.


Jenis penyakit ini adalah gangguan kulit. Penyakit Morgellons ini membuat penderitanya bisa menjadi gila karena selalu merasa gatal tanpa diketahui penyebabnya. Penyakit ini bahkan masih diperdebatkan apakah nyata atau hanya imajinasi penderitanya. Penyebab penyakit ini tidak diketahui karena gatal-gatal yang dikeluhkan sulit dipahami.

Pada tahun 2002 seorang ibu dari Pittsburgh bernama Maria Leitao meluncurkan sebuah website yang menunjukkan luka di kulit dan struktur seperti filament atau serat di kulit anak laki-lakinya yang berusia 2 tahun. Sejak itu hampir 14.000 keluarga melaporkan kasus yang sama, kondisi ini disebut dengan penyakit Morgellons.


"Penyakit ini adalah suatu kondisi kulit yang tidak memiliki definisi medis tertentu yang bisa diterima. Nama tersebut juga tidak diberikan oleh dokter, melainkan oleh kelompok advokasi tertentu," ujar Prof Michael Cappello, seorang pediatric dan spesialis penyakit menular di Yale University School of Medicine di New Haven, Connecticut.

Prof Cappello menuturkan pasien biasanya akan mengeluhkan adanya sensasi rasa gatal dan ingin terus menerus menggaruk. Pasien ini biasanya memiliki keyakinan bahwa ada sesuatu di bawah kulitnya, yaitu suatu agen yang bisa menginfeksi seperti cacing parasit.

Hal inilah yang membuat seseorang menggaruk terus karena berusaha ingin mengeluarkannya. Pasien akan mengatakan bahwa dirinya harus menggaruk terus menerus untuk mengeluarkan parasit tersebut dari dalam kulitnya.

Pasien seringkali menggambarkan sesuatu yang hidup di bawah kulitnya sebagai serat kecil. Jika dilihat dengan mikroskop diyakini berwarna putih, biru, merah atau hitam. Selain itu ada juga yang menyakininya sebagai butiran seperti pasir yang berwarna hitam atau putih di dalam kulitnya.

Penyakit ini membuat penderitanya 'gila' karena selalu merasa gatal dan ingin terus-menerus menggaruk untuk mengeluarkan parasit dari dalam kulitnya.

Para ahli dari Centers for Disease Control and Prevention Amerika (CDC) sebelumnya telah mencoba untuk meneliti apa penyebab penyakit kulit ini di tahun 2008. Namun sayangnya, penelitian yang menghabiskan biaya hingga US$338.000 ini masih belum mengetahui secara pasti penyebab penyakit morgellons, apalagi obatnya.

Namun peneliti menduga penyakit morgellons ini disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorgeri. Bakteri ini ditularkan melalui parasit, seperti kutu, dan merupakan agen penyebab penyakit Lyme, sejenis penyakit peradangan kulit akut.

Baca srtikel unik dan aneh lainnya Di Sini

Post a Comment