Misteri Kapal Hantu Rusia yang Penuh Tikus Kanibal Berlayar di Perairan Inggris


Kabar kemunculan kembali kapal hantu Lyubov Orlova bikin merinding bulu kuduk. Kapal buatan Yugoslavia pada 1976 itu sudah lama menghilang. Dan kini tiba-tiba ia muncul kembali di perairan Inggris. Kapal hantu itu sudah tidak lagi dalam kendali manusia, melainkan penuh dengan ratusan bahkan ribuan tikus kanibal yang sarat penyakit dan tak punya sumber makanan apapun kecuali saling memangsa satu sama lain.

Informasi yang didapat terakhir kapal yang menyandang nama seorang artis cantik Rusia itu bikin Inggris cemas. Para penjaga pantai khawatir, 'kapal hantu' berusia 40 tahun itu terdorong angin kencang melintasi Atlantik Utara. Lyubov Orlova mungkin sedang menuju pantai Britania Raya.

Berdasarkan data sinyal yang didapat, yang belum dikonfirmasi dengan citra satelit, kapal jaman Uni Soviet itu bisa saja menepi di pantai barat Iralandia, Skotlandia, atau di ujung selatan Inggris.

"Kapal itu terombang-ambing di lautan di sekitar sana (Inggris). Ada banyak tikus di dalamnya, yang saling memangsa satu sama lain," kata penyelidik asal Belgia, Pim de Rhoodes, seperti dikutip dari Daily Mail, 23 Januari 2014.

Kapal MV Lyubov Orlova, kapal seberat 4.250 ton yang dirancang untuk mengangkut 110 penumpang disita di Newfoundland pada tahun 2010, setelah ditinggalkan oleh krunya gara-gara sengketa utang antara pemilik dan pihak penyewa.

Dua tahun kemudian, pada Januari 2013, kapal ditarik menuju Republik Dominika. Untuk dijadikan besi tua. Namun di tengah perjalanan menuju Karibia, di lautan ganas, kabel penariknya putus. Kru kapal penarik tak bisa berbuat apapun, kecuali merelakannya di tengah samudera.

Tak ada kru dan juga sistem GPS, Lyubov Orlova diperkirakan hancur atau karam. Meski demikian para pemburu harta yang mengincar besi tuanya yang seharga 600 ribu poundsterling tak percaya MV Lyubov Orlova telah tenggelam.

Pada, pada Bulan Februari, ia ditemukan oleh kapal pemasok industri migas, Atlantik Hawk yang berhasil memasang kabel penyeret ke lambungnya. Namun, pihak Kanada memerintahkan Atlantik Hawk melepaskannya. Alasannya, Lyubov Orlova berada di perairan internasional dan tidak lagi di bawah yurisdiksi Kanada.


Beberapa bulan kemudian, Lyubov Orlova tak terlacak. Hingga keberadaannya diketahui lembaga pemetaan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, US National Geospatial-Intelligence Agency, berada dalam jarak 2.400 km sebelah barat perairan Irlandia.

Menanggapi pergerakan Lyubov Orlova yang mendekati wilayahnya, penjaga pantai Irlandia Chris Reynolds mengatakan, "Kita harus tetap waspada."

Keberadaan Lyubov Orlova dan pergerakannya menjadi perhatian banyak pihak, termasuk media internasional.

Misteri seputar kapal tua itu bahkan melahirkan sebuah situs, "Where is Lyubov Orlova?" yang didedikasikan untuk mencari keberadaannya.

Soal misteri, hantu, apapun, itu soal lain. Ada yang lebih serius soal kapal itu. Jika MV Lyubov Orlova ternyata rusak di suatu tempat, efeknya bisa bahaya. Cairan beracun bisa-bisa bocor ke dalam air. Demikian menurut organisasi lingkungan Prancis, Robin du Bois.

"Dalam kasus tabrakan, tenggelam, atau kecelakaan apapun, Lyubov Orlova segera akan melepas bahan bakar dan cairan beracun lainnya: asbes, merkuri dan limbah mengambang yang tak bisa terurai lainnya," kata kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari situs sains LiveScience.

Post a Comment