Misteri Multiverse, Adanya Alam Semesta yang Lain.


Alam semesta kita mungkin hanya salah satu dari banyak alam semesta-alam semesta. Semuanya mengambang di dalam "multiverse" yang hampir menjadi misteri, kata para ilmuwan. Masalahnya adalah, belum ada cara untuk menguji gagasan tersebut.

Sekarang, fisikawan mengatakan mereka telah menemukan cara untuk mendeteksi "memar" dari tabrakan yang diakui merupakan tabrakan kosmos kita dengan semesta lain.


Tim internasional telah menciptakan algoritma komputer baru untuk berburu penyimpangan seperti di alam semesta kita, yang mereka katakan akan berbentuk disk-itu menurut pikiran mereka, sementara memar berbentuk lingkaran penuh hanya terjadi ketika bola yang satu bertabrakan dengan bola yang lain.

Karena multiverse kemungkinan akan memperluas begitu cepat sehingga alam semesta yang akan ditarik jauh terpisah lama setelah penciptaan mereka, tabrakan mungkin hanya akan terjadi hanya selama alam semesta muda atau masih bayi.

Untungnya, teleskop modern mampu untuk mempelajari semacam gambar samar bayi alam semesta: latar belakang gelombang mikro kosmik. CMB adalah radiasi yang dipancarkan oleh plasma panas yang mendominasi alam semesta sampai sekitar 380.000 tahun setelah ledakan besar, yang diperkirakan telah terjadi lebih dari 13 miliar tahun lalu.

"Untuk cukup lama, orang telah menduga mungkin ada gelembung alam semesta lain. Tapi mereka pikir ini benar-benar perlu diuji," kata fisikawan teoritis Matius Johnson dari Perimeter Institute.

"Kami sekarang memiliki cara untuk mencari sinyal yang diprediksi oleh teori Bahwa kita bisa menguji ide-ide ini, dalam periode,. Sangat besar"-dan karena sebagian besar untuk pengembangan perangkat lunak baru dan pemetaan peningkatan CMB, kata Johnson , co-penulis dari dua studi baru-baru ini menggambarkan algoritma baru yang akan diterbitkan dalam isu-isu masa depan jurnal Physical Review Letters dan Physical Review D.

Cosmic penyok atau Pola Acak?

Multiverse, jika ada, mungkin telah bermunculan keluar dari fluktuasi kacau dari ruang kosong.

Beberapa "gelembung" alam semesta mirip dengan kita sendiri, tapi mungkin dengan hukum-hukum fisika yang sedikit berbeda, akan muncul pada waktu yang sama dan menabrak satu sama lain sebelum menyebar di seluruh multiverse.

Algoritma baru menawarkan sistematis, statistik yang didukung cara untuk mencari bukti yang halus ini crash mungkin dalam pola sebagian besar kelancaran sesuatu CMB-yang mungkin mustahil bagi manusia saja.

Sementara orang-orang baik di melihat sulit untuk mendeteksi pola, kita juga rentan untuk melihat hal-hal yang tidak apa yang mereka tampak-wajah di Mars, misalnya.

"Orang-orang cenderung untuk mengenali pola-pola apakah mereka ada atau tidak ada. Dengan sesuatu seperti CMB yang sangat samar dan sangat halus, Anda perlu tahu apakah [anomali] terjadi secara acak atau membutuhkan sesuatu yang ekstra" yang telah menyebabkan itu, kata kosmolog Sean Carroll dari Caltech, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

"Tim ini tidak ingin tertipu dengan berpikir bahwa pola ini hanya kebisingan acak."

Menjanjikan Hasil

Algoritma telah, sejauh ini, ditemukan 15 fitur menarik. Empat ini terlihat sangat menjanjikan, namun analisis statistik menunjukkan kebetulan adalah penjelasan terbaik untuk fitur, menurut co-penulis Johnson. *jd katanya itu cm kebetulan ajah...

Ini mungkin hanya karena peta saat CMB tidak cukup tajam untuk menangkap pergeseran yang  mungkin akan sedikit menunjukkan pukulan antar-universal dan akhirnya lari.

Dengan itu dalam pikiran, Johnson dan rekan-rekannya yang cemas menunggu data baru dari teleskop ruang angkasa Planck, yang merekam CMB dalam resolusi tiga kali lebih baik dari peta CMB paling baru, dibuat menggunakan Wilkinson Microwave mengorbit Anisotropi Probe (WMAP).

Planck pengumpulan data dijadwalkan untuk diselesaikan akhir tahun ini, tetapi akan memakan waktu sampai Januari 2013 untuk membersihkannya, menghapuskan distorsi yang disebabkan oleh gangguan dari benda-benda angkasa dekat dengan kita dalam waktu dan ruang dari CMB.

Bahkan dengan data yang lebih baik dari Planck, menemukan bukti tabrakan semesta kita-ke-alam semesta adalah sebuah permainan kesempatan, berkat hasil yang mungkin hampir tak terbatas.

Tabrakan mungkin menghancurkan alam semesta sebelum orang bisa mengamati bukti tumbukan atau terlalu lembut untuk meninggalkan bukti terdeteksi di belakang. Bahkan mungkin ada beberapa tabrakan yang mengaburkan bukti satu sama lain.

Jika tabrakan besar terjadi dan terdeteksi, bagaimanapun, mereka akan memiliki meninggalkan sesuatu-suhu dingin, yang hangat, penyimpangan dalam kepadatan materi, atau gangguan penting lainnya.

Johnson dan rekan-rekannya menjaga algoritma umum untuk menemukan perbedaan yang berarti pada semua clean-up Planck data.

"Ini adalah tembakan panjang. Tapi itu akan menjadi besar, penemuan earth-shattering bahwa itu layak untuk diusahakan," kata Caltech Carroll.

"Jika orang-orang menemukan multiverse, akan mengubah cara kita memandang alam semesta kita sendiri selamanya ."
dunia.


Post a Comment