MISTERI Molekul Dan Protein Tubuh Berdoa Kepada Tuhan Melalui Getaran



Seperti layaknya senar pada biola atau pipa organ, para ilmuwan telah lama menduga bahwa protein dalam tubuh manusia bergetar dalam pola yang berbeda.

Sekarang, sebuah studi baru memberikan apa yang para peneliti mengatakan adalah bukti pertama bahwa hal ini benar.



Quote:

the vibrations in lysozyme
Dengan menggunakan teknik mereka dikembangkan berdasarkan Terahertz dekat lapangan mikroskop, para ilmuwan dari University at Buffalo dan Hauptman-Woodward Medical Research Institute (HWI) untuk pertama kalinya mengamati secara rinci getaran lisozim, protein antibakteri yang ditemukan di banyak hewan.

Tim menemukan bahwa getaran, yang sebelumnya diperkirakan menghilang dengan cepat, benar-benar bertahan dalam molekul seperti "bunyi bel," kata UB profesor fisika Andrea Markelz, PhD, wh0 memimpin penelitian. Getaran ini dianggap seperti sebuah doa kepada sang pencipta.

Ini gerakan kecil memungkinkan protein berubah bentuk dengan cepat sehingga mereka mudah dapat mengikat protein lain, sebuah proses yang diperlukan bagi tubuh untuk melakukan fungsi biologis penting seperti menyerap oksigen, memperbaiki sel-sel rusak dan mereplikasi DNA, kata Markelz. Untuk mengamati getaran protein, tim Markelz 'mengandalkan karakteristik yang menarik dari Protein: Fakta bahwa mereka bergetar pada frekuensi yang sama seperti cahaya mereka serap.

Quote:
Uji coba secara analog dengan cara gelas anggur bergetar yang tiba-tiba pecah saat ada suara. Markelz menjelaskan: Gelas anggur bergetar karena mereka menyerap energi dari gelombang suara, dan bentuk gelas menentukan apa pitches suara dapat menyerap. Demikian pula, protein dengan struktur yang berbeda akan menyerap dan bergetar sebagai respon terhadap cahaya dari frekuensi yang berbeda.


Jadi, untuk mempelajari getaran dalam lisozim, Markelz dan rekan-rekannya terkena sampel cahaya frekuensi yang berbeda dan polarisasi, dan mengukur jenis cahaya protein yang diserap.

"Jika Anda menekan bel, berdering untuk beberapa waktu, dan dengan suara yang khusus untuk bel. Ini adalah bagaimana protein berperilaku," kata Markelz. "Banyak ilmuwan telah memperkirakan sebelumnya, protein lebih seperti spons basah dari bel: Jika Anda menekan pada spons basah, Anda tidak mendapatkan suara yang berkelanjutan."

"Sistem seluler hanya menakjubkan," katanya. "Anda dapat menganggap sel sebagai mesin kecil yang melakukan banyak hal yang berbeda - indera, itu membuat lebih dari dirinya sendiri, ia membaca dan ulangan DNA, dan untuk semua hal-hal ini terjadi, protein harus bergetar dan berinteraksi dengan satu sama lain. "

Post a Comment