Misteri "Theremin" Teknologi Memainkan Alat Musik Tanpa Harus Menyentuhnya


Leon Theremin di tahun 1920 an telah berhasil menemukan suatu perangkat pertama musik elektronik misterius dan di beri nama sesuai namanya sendiri The Theremin.
Quote:
Alat musik satu ini dimainkan tanpa kontak fisik sang pemain dengan alat musik instrumen tersebut.
untuk memainkan alat musik misteri tersebut musisi dapat berdiri di depan alat musik yang bentuknya menyerupai kotak musik. Pemain alat ini hanya perlu menggerakkan tangannya dengan cara mendekatkan kedua tangannya diantara dua buah antena yang terdapat di alat tersebut. Jarak dari satu antena ke antena lainnya menentukan frekuensi (pitch), dan jarak dari amplitudo kontrol lainnya (Volume).

Pemain biasanya paling sering menggunakan tangan kanan untuk mengontrol frekuensi dan tangan kiri untuk mengontrol volume, meskipun ada beberapa orang yang terkadang membalikkan fungsinya.

Prinsip kerja Theremin adalah melalui frekuensi radio yang dihasilkan oleh antena pada Theremin dan kapasitor variabel yang menghasilkan frekuensi itu. Pada Theremin terdapat 2 frekuensi, dimana yang satu untuk mengatur pitch atau untuk memainkan nadanya, dan yang satu untuk mengatur volume. Gerakan tangan di dekat antena yang mengatur frekuensi mengubah sirkuit-sirkuit pada Theremin, yang kemudian mengontrol sinyal suara untuk disalurkan ke speaker.





Suara yang dihasilkan oleh Theremin seringkali diasosiakan pada suara yang memiliki kesan menyeramkan (membuat merinding) sehingga kerap kali penggunaan Theremin dilakukan dalam pembuatan soundtrack dalam film seperti Miklos Rozsa's dalam film Spellbound and The Lost Weekend, Bernard Herrmann's dalam film The Day the Earth Stood Still yang digunakan juga dalam drama Midsomer Murders.

Theremin merupakan produk asli dari pemerintahan Rusia dalam penelitiannya tentang sensor indera. Instrumen ini ditemukan oleh seorang ahli fisika muda bernama Lev Sergeivich Termen (yang dikenal juga sebagai Leon Theremin) pada bulan Oktober 1920 sesaat setelah pecahnya perang sipil Rusia. Setelah memperoleh tanggapan yang positif dalam Konferensi Elektronik Moskow, Theremin diperagakan di hadapan Bolshevik, pemimpin Vladimir Lenin. Kemudian, Lenin terkesan dengan perangkat tersebut dan kemudian mulai mempelajarinya.



 Theremin kemudian dibawa keliling dunia dan diperkenalkan sebagai penemuan terbaru oleh Soviet dalam bidang teknologi musik elektronik. Setelah perjalanan yang panjang mengelilingi Eropa, Theremin kemudian semakin terkenal hingga ke Amerika Serikat, dan kemudian dipatenkan tahun 1928

Seperti apa cara mainnya?? mari kita simak video cara memainkan alat misterius ini. 

Post a Comment